info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Jintan Hitam dan Teh Hijau untuk Kesehatan Otak

Organ otak (sistem saraf pusat) merupakan salah satu organ yang paling penting bagi manusia, maka dari itulah kita harus senantiasa menjaga kesehatan otak dengan baik. Kita harus mampu mengendalikan stres, dengan begitu maka kemampuan berpikir secara jernih akan terjaga dengan baik. Ada beberapa bahan alam yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan otak kita.

Yang pertama akan dibahas adalah Jintan Hitam. Sebagai umat muslim, Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS. tentunya paham betul bahwa jintan hitam disebut oleh Rasulullah SAW sebagai obat segala penyakit, kecuali kematian. Penelitian ilmiah membenarkan hal tersebut karena ternyata aktivitas timokuinon sebagai zat kandungan utama pada jintan hitam dapat memperbaiki daya tahan sel otak. Kondisi sel yang baik membuat otak mampu mengatasi berbagai masalah susunan saraf pusat, termasuk depresi, ansietas, kerusakan memori dan kemampuan belajar, daya tahan sel saraf, serta kecanduan. Timokuinon juga diketahui bekerja mengatasi depresi melalui aktivitas antiradang. 

Selain jintan hitam, ternyata teh hijau juga dikaitkan dengan kesehatan otak. Senyawa polifenol teh hijau dilaporkan dapat menunjukkan aktivitas pelindung fungsi saraf. Kerjanya juga berkaitan dengan aktivitas penghambatan radikal bebas.

 

Terkahir, Prof. Mangestuti juga menilai bahwa Pagagan dapat meningkatkan kecerdasan anak dan mencegah penuaan dini. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang membuktikan khasiat ekstrak daun pegagan meningkatkan dendritic arborization sel saraf otak. Artinya, percabangan sel otak makin kompleks dan memanjang sehingga lalu lintas pesan dari dan ke otak makin lancar. 

Sumber:
https://www.jawapos.com/kesehatan/07/05/2022/jintan-hitam-atasi-depresi-teh-hijau-turunkan-kerusakan-memori-2/