info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Webinar Sosialisasi dan Pengenalan PKM: Innovation for the Best Performance with PKM

Sosialisasi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diusung oleh Departemen Keilmuan BEM FF UNAIR pada hari Sabtu, 13 Maret 2022 diikuti oleh kurang lebih 50 peserta secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Acara yang berjudul “Innovation for the Best Performance with PKM” diramaikan oleh Wakil Dekan II apt. Mahardian Rahmadi, S. Si., M. Sc., Ph. D. dan Ketua BEM FF UNAIR Periode 2022 Farhan Rizqi Windianto. Kegiatan ini menghadirkan apt. Favian Rafif Firdaus, S. Farm. dan Anisa Cendekia Muslimah. 

“Tidak harus lolos internasional, tetapi membuat proposal lalu dikonsultasikan sehingga bisa ikut presentasi di tingkat fakultas atau universitas,” ujar Pak Mahar dalam pembukaan kegiatan pada siang hari tersebut. 

Materi pertama dibawakan oleh apt. Favian Rafif Firdaus, S. Farm. sebagai Finalis PKM PIMNAS 32 2019 dengan judul materi “Cara Mudah Menang PKM Sambil Healing”. Kak Favian menjelaskan bahwa tidak ada alasan untuk tidak ikut PKM-PM (Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Kepada Masyarakat) karena bisa bebas dari KKN. Selain itu, banyak ilmu farmasi yang belum diterapkan ke masyarakat sehingga peluang juara sangat besar. Serta pengerjaannya tidak hanya di laboratorium. 

“Masih banyak ilmu farmasi yang belum diterapkan di masyarakat, contohnya adalah pemanfaatan minyak atsiri dari tanaman yang dianggap sepele misalnya tanaman pala yang memiliki efek sedasi dan sereh yang memiliki manfaat mengusir nyamuk. Masih banyak hal yang belum dimanfaatkan, sedangkan jumlahnya di masyarakat jumlahnya banyak hingga tidak terkontrol. Sehingga, itu bisa menjadi potensi yang bagus bagi kita untuk memanfaatkan sumber daya alam untuk membuat PKM-PM.” papar Kak Favian. 

Materi kedua yang berjudul “Tips&Trick Meraih Gold Medal PKM-Kewirausahaan” dibawakan oleh Anisa Cendekia Muslimah sebagai pemenang PKM Pimnas 34 2021. PKM-K menekankan pada keterampilan mahasiswa dalam berkarya dan berwirausaha serta berorientasi pada profit atau keuntungan. PKM-K dapat menjadi pilihan lain selain lomba business plan bagi mahasiswa yang memiliki ide bisnis karena bisa tidak dipungut biaya.  

 

Sebagai penutup, Kak Anisa menyampaikan, “Tantangan memang sulit tapi kalau tidak pernah mencoba dan memulai maka tidak akan pernah tahu seberapa hebat kita bisa melaluinya.” untuk menyemangati teman-teman peserta webinar sosialisasi PKM.   

 

 

 

 

 

 

 

Reporter          : Swastika Bintang (2020)

Editor              : Najmi Amrina (2020)

Fotografer       : Devia (2021)