Asesmen Luring Program Sarjana dan Profesi FF UNAIR

Program Studi Sarjana Farmasi dan Profesi Apoteker berhasil telah berhasil mendapatkan status unggul pada asesmen daring yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) di akhir tahun 2020 lalu. Akan tetapi, sesuai ketentuan dari LAM-PTKes yang menyatakan bahwa asesmen untuk program Sarjana dan Profesi menerapkan metode hybrid, maka Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) juga harus tetap melalui asesmen secara luring. Asesmen luring tersebut telah dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 27-28 Januari 2022.

Pada hari pertama, FF UNAIR menyambut kedatangan 3 asesor yang diantaranya adalah Prof. Dr. apt. Dachriyanus, Prof. Dr. apt. Sri Adi Sumiwi, MS., dan Dr. apt. Hilwan Teruna, M.Si. Agenda pada hari itu adalah pertemuan dengan pimpinan UPPS, PS, SPMI serta paparan UPPS dan PS terkait klarifikasi hal yang masih diperlukan. Pelaksanaan agenda tersebut bertempat di ruang sidang lantai 2 FF UNAIR dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan penilaian proses pembelajaran tutorial, skill lab, laboratorium, termasuk sarana dan prasarana. Pada agenda tersebut, asesor melakukan kunjungan ke semua laboratorium yang ada pada FF UNAIR. Para dosen dan laboran yang terlibat pada kunjungan tersebut menjelaskan dengan detail terkait beberapa hal yang ditanyakan oleh para asesor.

 

Agenda di hari berikutnya yang sekaligus menjadi hari terakhir asesmen, diawali dengan menilai proses pembelajaran di wahana praktik, termasuk sarana dan prasarana. Selain itu, para asesor juga melakukan wawancara dengan pembimbing klinik. Pada hari itu juga dilakukan kunjungan ke industri, rumah sakit, dan apotek yang bekerjasama dengan FF UNAIR sebagai wahana praktik. Setelah ishoma, dilakukan penyiapan draf berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. Selanjutnya, Tim Asesor, Pimpinan UPPS, serta Tim Akreditasi FF UNAIR melakukan diskusi dan penandatanganan berita acara. Keseluruhan kegiatan asesmen pada hari itu ditutup dengan penyampaian rekomendasi.


Agenda
Unduhan