Guest Lecture: Metabolomics in Medicinal Herbal Science

Sepanjang tahun 2020, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga secara rutin mengadakan Kuliah Tamu (Guest Lecture) dengan menghadirkan beberapa pembicara dari universitas-universitas di luar negeri. Pada hari Selasa, 22 September 2020, telah dilaksanakan Kuliah Tamu bersama Assoc. Prof. Dr. Alfi Khatib dari Malaysia. Selain menjadi sarana untuk bertukar ilmu, aktivitas Kuliah Tamu ini juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kolaborasi ilmiah antara Universitas Airlangga, khususnya Fakultas Farmasi, dengan International Islamic University Malaysia (IIUM). Lebih lanjut, aktivitas ini juga merupakan sebuah kontribusi dari Fakultas Farmasi untuk mewujudkan nilai-nilai dari SDG 17 (Partnership for the Goals).

Kuliah tamu dimulai dengan pengenalan diri pembicara dan profil singkat Faculty of Pharmacy International Islamic University Malaysia (IIUM). Mengangkat topik “Metabolomics in Medicinal Herbal Science”, Dr. Alfi Khatib menjelaskan beberapa contoh pengaplikasian metabolomik dalam ilmu obat herbal, seperti pada (1) analisis senyawa bioaktif yang diketahui dan penyaringan metabolit dalam ekstrak sebelum isolasi, (2) alat analisis dalam kontrol kualitas dan optimalisasi proses produk herbal berdasarkan sidik jari metabolit, dan (3) evaluasi bioaktivitas dan toksisitas yang komprehensif dari produk herbal.

Walaupun diadakan secara daring via Zoom, nyatanya antusiasme dosen dan mahasiswa tetap tinggi untuk mengikuti Kuliah Tamu ini. Sebanyak 52 peserta, baik dosen atau mahasiswa, dengan aktif menyimak setiap penjelasan dari Dr. Alfi Khatib dan juga berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Berperan sebagai moderator, Kholis Amalia Nofianti, S.Farm., M.Sc., Apt., dapat mengarahkan sesi tanya jawab dengan baik. Salah satu contoh pertanyaan yang diajukan adalah mengenai peluang untuk mendapatkan senyawa baru yang aktif dengan mengaplikasikan metode penelitian yang digagas oleh Dr. Alfi Khatib, yang disampaikan oleh salah satu dosen Fakultas Farmasi, apt. Melanny Ika Sulistyowaty, S.Farm., M.Sc., Ph.D.

 

Setelah sesi tanya jawab selesai, di akhir acara dilakukan sesi penyerahan sertifikat virtual oleh Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Umi Athiyah MS., Apt., kepada Dr. Alfi Khatib sebagai simbol penutupan acara.


Unduhan