Departemen Farmasetika

Ketua
 Dr. Retno Sari, M.Sc.,Apt

Sekretaris
 Dr. Dewi Isadiartuti, M.Si.,Apt

Visi

Visi Departemen farmasetika adalah menjadi Departemen yang unggul di tingkat nasional dan global dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat terutama dalam bidang Farmasetika untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar global. 

Misi

Menyelenggarakan pendidikan (Program S1-Apoteker, Profesi Industri Farmasi, S2, S3 dan Pendidikan Berkelanjutan), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam perspektif farmasetika.

Mengupayakan terciptanya iklim kerja dan atmosfer akademik yang kondusif agar bagian farmasetika dapat menjadi sumber daya yang andal.

Membentuk jaringan kerja yang efektif dengan pihak-pihak lain yang terkait dengan bidang farmasetika, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Profil

Departemen Farmasetika telah terbentuk sejak awal berdirinya Fakultas Farmasi Universitas Airlangga tahun 1963 dengan nama Bagian Ilmu Resep, disamping bagian lain yaitu bagian Farmasi Industri, Kimia Farmasi, Botani Farmasi. Pada restrukturisasi organisasi fakultas farmasi, bagian Ilmu resep dan farmasi industri dijadikan satu menjadi jurusan farmasetika yang terdiri atas 3 (tiga) laboratorium yaitu laboratorium preskripsi formulasi, teknologi farmasi dan biofarmasi farmakokinetika. Tuntutan perubahan paradigma baru "pharmaceutical care" maka berdasarkan SK Dekan No. 293/JO3.1.20/PP/2002, struktur organisasi Jurusan Farmasetika berubah menjadi Bagian farmasetika yang terdiri atas beberapa laboratorium yaitu laboratorium fisika farmasi, solida, likuida, semi solida, steril, kosmetika, system penghantaran obat dan nutrisi. Perubahan struktur jurusan menjadi bagian diikuti dengan restrukturisasi staf akademik. Selanjutnya sejak 2007 dilakukan perubahan nama dari Bagian menjadi Departemen sesuai dengan SK Rektor no.9936/JO3/HK/2007.

Riset Unggulan

Riset Unggulan Departemen Farmasetika dalam bidang formulasi dan pengembangan bahan obat untuk meningkatkan karakteristik bahan obat dan sistem penghantaran obat dan kosmetik. Secara spesifik riset yang menjadi unggulan meliputi topik sebagai berikut :

  • Teknologi farmasi : Dispersi solida, Ko kristal, kompleks inklusi
  • Sistem Penghantaran Obat/ Drug Delivery Systems: micro- and nanoparticulate systems(antara lain: liposom, solid-lipid nanopartikel)
  • Vaccine Delivery System
  • Cosmetics and Cosmetic Delivery System

 

Aktivitas Departemen

Aktivitas di Departemen Farmasetika yang utama adalah melaksanakan TRIDARMA PERGURUAN TINGGI meliputi bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Di samping itu juga melaksanakan kegiatan lain untuk menunjang dan mengembangkan Departemen Farmasetika antara lain menyelenggarakan seminar/konferensi di bidang Farmasetika/ Pharmaceutical Technologykhususnya dan bidang Farmasi secara umum, grup discussiondengan para praktisi bidang industri farmasi.

Pendidikan

  1. Melaksanakan pendidikan pada jenjang S1 dengan mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan.

Mata kuliah pada jenjang S1:

Mata kuliah wajib: Farmasi Fisik, Farmasetika Sediaan Likuida, Farmasetika Sediaan Solida,  Farmasetika    Sediaan Semisolida, dan Farmasetika Sediaan Steril

Mata kuliah pilihan: Sistem Penghantaran Obat, Kosmetik, dan Nutrisi.

  1. Melaksanakan pendidikan pada jenjang S2 dan S3

 

Penelitian

  1. Menyusun dan mengajukan proposal riset
  2. Melaksanakan riset dengan menggunakan sumber dana dari dalam Universitas maupun dana pemerintah (Kemenristekdikti) atau dana kerjasama dengan pihak lain.
  3. Melaksanakan riset dengan melibatkan pihak lain dan mahasiswa
  4. Melakukan publikasi di berbagai seminar atau jurnal ilmiah
  5. Menjalin kerjasama riset dengan pihak dari dalam negeri maupun luar negeri
  6. Mengikuti berbagai konferensi untuk melakukan desiminasi hasil riset

 

Pengabdian Masyarakat

  1. Menyusun dan mengajukan proposal pengabdian masyarakat
  2. Melaksanakan pengabdian masyarakat secara rutin ke masyarakat baik di Surabaya dan Jawa Timur.
  3. Berpartisipasi dalam melakukan pengabdian masyarakat secara terpadu dengan Fakultas lain
  4. Berpartisipasi dalam bakti sosial pada kejadian bencana alam

Staf Pengajar

  1. Dr. Widji Soeratri, DEA., Apt.
  2. Sugiyartono, MS.,Apt.
  3. Esti Hendradi, M.Si.,Ph.D, Apt.
  4. Tristiana Erawati, M.Si.,Apt.
  5. Noorma Rosita, M.Si.,Apt.
  6. Dwi Setyawan, S.Si., M.Si., Apt.
  7. Tutiek Purwanti, M.Si.,Apt.
  8. Agus Syamsur Rijal, S.Si, M.Si., Apt.
  9. Dewi Melani Hariyadi, S.Si.,M.Phil.,D, Apt.
  10. rer.nat. Maria Lucia Ardhani DL, M.PharmSci, Apt.
  11. Helmy Yusuf, S.Si.,Sc.,Ph.D., Apt.
  12. Andang Miatmoko, D., M.Sci., Apt.
  13. Dini Retnowati, S.Farm., M.Si., Apt.
  14. Abhimata Paramanandana, S.Farm., Sc., Apt.

Agenda
Unduhan