info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Warga in Action: Isi Piringku

Departemen Pengabdian Masyarakat DEM Fakultas Farmasi 2023 kembali mengadakan kegiatan rutin, Warga in Action pada Rabu (25/07/23) lalu. Kegiatan edukasi digital ini selaras dengan komitmen FF Unair dalam mewujudkan tercapainya Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (SDGs), terutama tujuan ke-empat, yakni Quality Education. Kegiatan ini menyasar masyarakat untuk turut ikut serta membagikan foto menu makanan mereka dan mengunggahnya ke media sosial serta melibatkan warga baik yang terjangkau secara langsung, maupun jarak jauh.

Dalam rangkaiannya, kegiatan Warga in Action ini diawali dengan penyampaian materi edukasi melalui infografis yang dibagikan pada media sosial. Kali ini, materi yang disampaikan adalah tentang makanan bergizi, atau yang lebih sering kita sebut sebagai istilah Isi Piringku. Porsi Isi Piringku terdiri makanan pokok yakni sumber kabohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

Pemenuhan gizi sehari-hari sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena Isi Piringku merupakan pedoman agar masyarakat paham pentingnya makan sehat dengan gizi seimbang. Kemudian, untuk lebih dalam memahami dan menerapkan materi yang disampaikan, masyarakat dapat turut ikut serta membagikan foto Isi Piring mereka melalui Direct Message atau dengan mengunggah dan meandai akun media sosial BEM FF Unair.

Dengan adanya kegiatan ini, materi edukasi dapat tersampaikan secara lebih luas, dari anak-anak, hingga orang dewasa, karena kemajuan teknologi. Usai kegiatan ini, masyarakat diharapkan dapat lebih paham dan memperhatikan pemenuhan gizi sehari-hari mereka, untuk mencapai kehidupan yang lebih sehat dan seimbang.