info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

COMDEV FF UNAIR Ajak Siswa SD Lakukan Percobaan Kimia Sederhana Melalui Farmasi Mengajar 2023

Mahasiswa FF UNAIR Laksanakan Kegiatan Farmasi Mengajar 2023 di Bulak Banteng Surabaya

Kegiatan Farmasi Mengajar yang menyasar siswa sekolah dasar kembali dilangsungkan pada tahun 2023 ini selama beberapa kali dalam satu tahun kepengurusan. Program kerja yang dibawahi oleh Departemen Pengabdian Masyarakat Kabinet Arkana Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi UNAIR (FF UNAIR) 2023 ini dilakukan di Balai RW Suropati III, Bulak Banteng pada tanggal 23 Juli, 6 Agustus, 20 Agustus, 3 September, dan 17 September 2023.

Kegiatan yang rutin digelar tiap tahun ini bertujuan untuk memberikan mengedukasi dan menumbuhkan minat belajar para siswa sekolah yang kali ini khusus menyasar Siswa sekolah Dasar (SD). Tidak dipungkiri lagi mereka adalah tombak yang akan meneruskan pembangunan negeri ini di masa yang akan datang, sehingga harus dibekali dengan banyak ilmu yang bermanfaat.

“Kami mengajar 30 siswa kelas 1 hingga 6 SD. Materinya beragam dari pertemuan ke pertemuan, seperti Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan materi tentang profesi,” ungkap Shafa Shafira, penanggung jawab kegiatan Farmasi Mengajar 2023.

Selain diikuti oleh sekitar 15 orang panitia sebagai pengajar, Duta Farmasi UNAIR juga turut terjun ke lokasi untuk menyampaikan materi mengenai chemistry fun. “Menurut siswanya, materi ini seru dan menyenangkan sekali karena mereka belum pernah diajarkan sebelumnya,” ujar Shafa. 

Lebih lanjut, Shafa mengungkap bahwa pada mata pelajaran chemistry fun, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan kimia sederhana secara langsung. “Misalnya seperti eksperimen sederhana pasta gigi ‘meledak’ yang dilakukan berkelompok. Kegiatannya jadi menyenangkan banget menurut mereka (red: para siswa),” kata Shafa.

Ditanya mengenai kesan selama mengikuti kegiatan Farmasi Mengajar, Shafa mengaku seluruh panitia merasakan keseruan dalam berbaur dengan para siswa. Tidak lupa, lanjutnya, yang terpenting adalah panitia dalam menambah kemampuan untuk mengajar siswa.

“Harapanku untuk kegiatan Farmasi Mengajar selanjutnya, semoga semakin maju, materi yang diajarkan semakin banyak, dan siswa yang berkesempatan untuk mengikuti juga semakin banyak karena aku yakin banyak anak tingkat pendidikannya masih rendah. Tidak lupa, semoga kegiatan Farmasi Mengajar bisa berlangsung lebih dari 5 hari agar pembelajarannya dapat menjadi lebih matang,” tutup Shafa.

Diharapkan para siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuannya dan terus menerus menjadi siswa yang memiliki semangat belajar tinggi. Dengan begitu mereka kelak akan dapat membawa negeri ini menjadi lebih baik dan berkontribusi bagi kemaslahatan umat.

Farmasi Mengajar 2023 menunjukkan bahwa mahasiswa FF UNAIR turut berperan aktif dalam mendukung SDGs 4 Quality Education.

Potret Keseruan Pelaksanaan Farmasi Mengajar 2023

Penulis : Leivina Ariani S.P.
Editor: Tim Humas FF UNAIR
Dokumentasi : Panitia PDD COMDEV