info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Tim Pengmas FF UNAIR Edukasi Pemanfaatan Bunga Telang untuk Usaha pada Warga Rungkut Surabaya

Tim Pengmas FF UNAIR Edukasi Bunga Telang ke Warga Rungkut Surabaya

Masih dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) kembali menggelar pengabdian kepada masyarakat (pengmas). Kegiatan pengmas kali ini diketuai oleh Prof. Dr. apt. Juni Ekowati, M.Si. dengan melibatkan dosen dan staf dari Departemen Ilmu Kefarmasian, pakar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR serta mahasiswa. 

Diberi judul "Peningkatan Kualitas Produksi dan Pemasaran Minuman Kesehatan Berbasis Bunga Telang pada Ibu PKK Kecamatan Rungkut Surabaya dalam Mendukung SDGs 3 Good Health and Well Being" pengmas ini telah berhasil terselenggara pada 29 September 2023 lalu. Kegiatan ini bertempat di balai RW 04 Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya dengan diikuti oleh 26 orang Ibu PKK.

Sesuai dengan judulnya, tujuan pengmas ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran minuman kesehatan berbasis bunga telang. Pasalnya bunga telang memang banyak tumbuh di pekarangan warga sekitar, namun mereka mengalami kendala pada pengolahannya.

Agenda diawali dengan pemaparan materi mengenai cara pengolahan simplisia yang baik. Selain itu dijelaskan juga khasiat dari bunga telang. Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan produk minuman dari bunga telang yang dapat disimpan yaitu berbentuk sirup dan minuman serbuk instan.

Tak hanya itu, Ibu Sylva Alif Rusmita, SE., CIFP. pakar dari FEB UNAIR juga memberikan paparan beberapa strategi dalam membangun produk, termasuk bagaimana cara ampuh dalam menawarkan keunikan produk baik dari segi rasa maupun kemasan.

Melalui kegiatan ini para warga diharapkan dapat melakukan pengolahan bunga telang dengan tepat sehingga produk yang dihasilkan berkualitas untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat juga demi tercapainya SDGs 3 Good Health adn Well Being. Selain itu dapat juga meningkatkan perekonomian warga melalui produk bunga telang yang memiliki nilai jual sehingga mendukung ketercapaian SDGs 1 No Poverty.

Tak hanya memberikan edukasi, tim Pengmas FF UNAIR juga menyumbangkan Food Dehydrator yaitu alat untuk memproduksi bahan simplisia serta buku tentang Kemasan, Label, dan Informasi Gizi pada Produk Pangan olahan UMKM karya dosen FF UNAIR apt. Rosita Handayani, S.Farm., M.Si. dan Prof. Dr. apt Juni Ekowati, M.Si.