info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Modul Praktek Apoteker Buatan Dosen FF UNAIR Resmi Dipatenkan

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) kembali membuat karya yang telah resmi dipatenkan pada 3 Februari 2023. Karya tersebut berupa modul dengan judul "Modul Praktek Apoteker: Assessment Drug Therapy Problems (DTPs) Pada Pasien Hipertensi" yang diciptakan oleh 4 orang dosen.

Keempat dosen tersebut adalah Dr. apt. I Nyoman Wijaya, S.Si., SpFRS., Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, M.S., dan apt. Andi Hermansyah, M.Sc., Ph.D. yang masih aktif mengajar di FF UNAIR. Serta satu guru besar yang telah purna tugas, Prof. Dr. apt. Fasich.

Melalui paten ini FF UNAIR mampu menunjukkan kualitas tenaga pengajarnya sekaligus dapat memberikan dampak bagi dunia pendidikan dan kesehatan. Selain dapat digunakan sebagai bahan pengajaran bagi mahasiswa apoteker, modul ini juga dapat dimanfaatkan oleh para praktisi untuk mengatasi permasalahan obat pada pasien hipertensi.

Apalagi menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diidap oleh masyarakat. Sehingga resiko permasalahan obat hipertensi mungkin saja terjadi pada sejumlah penderitanya yang tidak sedikit tersebut.

 

Sumber:
Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat