Peserta The 3rd International Summer School AIPHE Melakukan Kunjungan ke Universitas Widya Mandala dan Universitas Surabaya

Senin (29/08/2022) The 3rd International Summer School, Association of Indonesian Pharmacy Higher Education (AIPHE) Year of 2022 melakukan kunjungan ke Fakultas Farmasi Universitas Widya Mandala. Peserta Summer School melangsungkan agenda laboratorium visit dan praktik membuat minyak angin.

Agenda dimulai dengan mengajak mereka untuk berkeliling mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di Fakultas Farmasi Universitas Widya Mandala seperti laboratorium fitokimia, laboratorium farmasetik, laboratorium botani farmasi dan lain-lain. Mahasiswa internasional juga diajak untuk melihat macam-macam koleksi tanaman obat yang terdapat di Fakultas Farmasi Universitas Widya Mandala.

Usai diajak berkeliling ke beberapa laboratorium, para peserta diajak untuk mengikuti praktik pembuatan minyak angin. Minyak angin yang dibuat adalah minyak Gandapura dengan bahan aktif Metil Salisilat. Minyak Gandapura berfungsi sebagai Pereda nyeri otot dan persendian. Selama kurang lebih 30 menit, mahasiswa internasional membuat minyak angin tersebut yang nantinya dapat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Selain kunjungan ke Universitas Widya Mandala, para Peserta Summer School diajak berkeliling gedung Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Universitas Surabaya (UBAYA) sendiri merupakan universitas swasta ternama yang ada di Surabaya. Pada kunjungan pertama, mahasiswa diajak untuk mengenal PIOLK. PIOLK merupakan singkatan dari Pusat Informasi Obat dan Layanan Kesehatan yang didirikan oleh UBAYA guna untuk memfasilitasi, mendukung dan menjamin keefektifan, keamanan dan kerasionalan pengobatan melalui penyediaan informasi yang tidak memihak, tidak bias secara komersial dan terkaji.

Setelah berkunjung ke PIOLK, para peserta diajak melihat dan mengenal CDEA. CDEA atau Center of Drug Evaluation and Analyze adalah laboratorium analisis yang melakukan analisis fisika-kimia, mikrobiologi dan logam berat dalam bentuk sediaan farmasi, makanan, minuman, kosmetik, produk herbal, suplemen, batu, tanah, air, serta limbah padat dan cair. Mereka berkeliling sambil melihat berbagai macam instrument seperti HPLC, Kromatografi Gas, dan lain-lain.

Usai berkeliling di laboratorium CDEA, mahasiswa internasional diajak menuju ke lokasi terakhir yaitu Apotek yang berada di luar komplek Universitas Surabaya. Apotek ini merupakan apotek yang dikelola langsung oleh Universitas Surabaya. Dalam agenda ini, mahasiswa internasional dijelaskan mengenai pelayanan obat secara menyeluruh. Harapannya para peserta dapat lebih mengetahui tentang bagaimana alur dari pelayanan obat di Apotek.


Agenda
Unduhan