PENGEMBANGAN DIRI MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN SUKSES BERSAMA ALUMNI BERBAGI 2021 VOL. I

Menjadi seorang farmasis memiliki banyak ruang untuk berkreasi menjadi orang yang sukses. Salah satunya menjadi wirausahawan. Wirausahawan dalam bidang farmasi dapat memberikan hasil yang cukup baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Minat mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga untuk menjadi seorang wirausahawan juga terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, Departemen Eksternal BEM FF UNAIR menyelenggarakan kegiatan Alumni Berbagi 2021 Vol. I dengan tema “Pharmacist to Entrepreneur: Paving Path Towards a Successful Career”. Panitia berkolaborasi dengan tim Fast Corp dengan mengajak 2 pemateri Alumni FF UNAIR yaitu apt. Widi Subakir, S.Si. berasal dari PT. Sinar Arasy Manata dan apt. Cinthya Ratna Y., S.Farm., M.M. berasal dari Apotek Nasruhan. Alumni Berbagi 2021 Vol. I diadakan pada hari Sabtu tanggal 3 April 2021 melalui Zoom Meeting pukul 13.00. Meskipun kegiatan dilakukan secara online, antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini justru semakin tinggi.

Acara diawali dengan pembukaan MC lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Athaya Rania, ketua BEM FF UNAIR yaitu Kevin Ksatria, dan perwakilan dekanat yaitu ibu Dr. apt. Riesta Primaharinastiti, S.Si., M.Si. Setelah itu MC mengalihkan acara kepada moderator yaitu apt. Rachmat Prayogi P., S. Farm. dari tim Fast Corp, yang akan melanjutkan agenda webinar.

Pemateri pertama adalah apt. Widi Subakir, S.Si. yang merupakan Alumni FF UNAIR angkatan 1992. Bapak Widi saat ini menjabat sebagai direktur PT. Sinar Arasy Manata yang menjalani bisnis dalam bidang healthcare (clinic, medical devices, and drug store). Beliau menjelaskan bahwa dasar-dasar menjadi wirausahawan yang baik harus dimulai dari membangun karakter diri yang baik lalu memenuhi kompetensi yang diinginkan. Kompetensi tersebut dapat diperoleh melalui soft skills dan hard skills.

Acara dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu apt. Cinthya Ratna Y., S.Farm., M.M. yang merupakan Alumni FF UNAIR angkatan 2005. Ibu Cinthya saat ini menjalankan bisnis Apotek Nasruhan yang merupakan rintisan dari ibu mertua beliau. Beliau menjelaskan bahwa seorang wirausahawan farmasis pasti akan memperhatikan 2 faktor penting yaitu idealisme profesi dan profit. Kedua hal tersebut harus seimbang dan saling melengkapi agar bisnis dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Ibu Cinthya juga berbagi pengalaman menjalankan bisnis di masa pandemic serta memberikan tips penting untuk tetap survive.


Unduhan