SOCIAL PROJECT 2020

Social project atau biasa disingkat dengan Sospro merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Unair. Kegiatan ini melibatkan seluruh mahasiswa baru angkatan 2020 untuk melakukan edukasi kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat dan juga mengedukasi kepada masyarakat mengenai hal terkait kefarmasian.

Kegiatan sospro tahun 2020 ini mengangkat tema “Peran Apoteker Ditengah Pandemi” yang melibatkan sekitar 246 mahawaiswa baru. Para mahasiswa baru angktan 2020 dengan semangat melakukan edukasi kefarmasian pertama kali secara sederhana, mulai dari pengenalan jenis obat, cara menyimpan, membuang, dan mendapatkan obat, hingga cara menjaga diri ditengah pandemi ini. Edukasi ini ditargetkan untuk masyarakat umum disekitar lingkungan mereka dan menjangkau sekitar 1500 masyarakat umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 5 september hingga 26 september 2020 ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Kegiatan ini merupakan edukasi pertama kali yang dilakukan oleh mahasiwa baru angkatan 2020 dan diharapkan nantinya mereka bisa melakukan edukasi lebih lanjut kepada masyarakat mengenai informasi kefarmasian yang dimulai dari lingkungan sekitar.

Kegiatan ini merupakan wujud peduli calon apoteker untuk negeri dan terwujudanya tujuan SDG 3, yaitu tentang Good Health and Well-Being, terlebih ditengah pandemi ini banyak sekali informasi simpang-siur yang kebenarannya masih perlu dipertanyakan, untuk itu kami berupaya untuk mengedukasi masyarakat mengenai hal-hal dasar dalam obat-obatan dengan sumber dan pedoman yang terpercaya. Harapannya kedepan, masyarakat bisa lebih peduli dan paham mengenai informasi obat dan kefarmasian, serta tetap bisa tertib untuk mematuhi protokol kesehatan selama Covid-19 ini.


Unduhan