Penmas FFUA - "Bersama Apoteker, Pelajar Sekolah Menengah Atas Bijak dan Cermat dalam Menggunakan Obat"

Hidup sehat perlu diterapkan bagi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari termasuk siswa SMA. Agar tercapai hidup yang sehat salah satunya dengan cara menggunakan obat yang benar. Selain itu, siswa SMA sebagai generasi muda penerus bangsa  tentunya penting mengetahui tentang jurusan-jurusan yang ada di suatu universitas serta salah satu profesi yang mungkin akan menjadi minat mereka yaitu apoteker. Oleh karena itu pada Selasa, 17 September 2019 dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan peserta 109 siswa SMAN 1 Surabayaberserta tiga guru pendamping di Ruang Serba Guna Fakultas Farmasi, Kampus C Universitas Airlangga. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dr. Wahyu Utami, MS., Apt. sebagai Ketua Departemen Farmasi Komunitasdan Ibu Siti Hindu dari SMAN 1.


Siswa menerima materi tentang penggunaan obat yang benar ( Dagusibu=Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang obat dengan benar ) serta materi tentang Universitas Airlangga dan Pendidikan dan Profesi Apoteker yang sampaikan oleh Andi Hermansyah, S.Farm., M.Sc.,Ph.D. Apt., Elida Zairina, S.Si, MPH. Ph.D., Apt., dan Dr. Yunita Nita, S.Si., M.Pharm., Apt. Pemberian materi ini diselingi sesi tanya jawab dan peragaan yang melibatkan peserta untuk memudahkan pemahaman. Di akhir kegiatan, siswa juga berkunjung ke laboratorium-laboratorium di Fakultas Farmasi. Arie Sulistyarini, S.Si., M.Pharm., Apt., Gesnita Nugraheni, S.Farm., M.Sc., Apt., , Ana Yuda, S.Si., M.Farm. Apt, Rice Disi O, S.Farm., M.Farm., Apt., Dr.M.L Ardhani D.L.M. Pharm.Sci., Ph.D., Apt., Abhimata Paramanandana, S.Farm., M.Sc., Apt.,  Catur Dian S., S.Farm., M.Kes., Apt. serta 10 mahasiswa membantu memandu dan menjelaskan kegiatan kunjungan ini.


Pretestdan posttestdilakukan untuk mengetahui efektifitas kegiatan ini. Nilai skor posttestmeningkat hampir dua kali lipat dibanding pretest. Hal ini menunjukan peningkatan yang sangat bermakna terhadap pengetahuan peserta. Selain itu 103 dari 109 peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diberika kepada siswa SMA. Hal ini menunjukan pentingnya kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemberian wawasan kepada siswa SMA tentang penggunaan obat secara tepat dan bidang yang akan mereka pilih setelah lulus SMA. Para siswa menghendaki kegiatan seperti ini berkesinambungan sehingga semakin memberi manfaat kepada para siswa SMA dalam mempersiapkan masa depannya.


Agenda
Unduhan