info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Mahasiswa FF UNAIR Dipilih oleh BKKBN Jadi Duta untuk Berantas Ancaman Kesehatan Reproduksi Remaja

Mahasiswa FF UNAIR Dipilih oleh BKKBN Jadi Duta untuk Berantas Ancaman Kesehatan Reproduksi Remaja

Juan Shantiko mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) angkatan tahun 2023 terpilih menjadi Duta GenRe Indonesia 2024. Ia berhasil dipilih oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) setelah mengikuti ajang Apresiasi Duta GenRe Indonesia 2024 dan Jambore Ajang Kreativitas (Adujaknas) pada 17-21 September 2024. 

Sebelum dinobatkan sebagai Duta GenRe Indonesia 2024, pada tahun sebelumnya mahasiswa dengan segudang prestasi ini berhasil menjadi Duta GenRe Kabupaten Kediri 2023 dan Duta GenRe Provinsi Jawa Timur 2023.

Kini Juan mengemban tugas penting yang berfokus untuk menjadi role model remaja yang "men-zero-kan" 3 Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR) yaitu menolak seks pra nikah, pernikahan anak, napza dan terorisme. Ia juga berperan membantu menurunkan prevalensi stunting di Indonesia dan meningkatkan derajat kesehatan reproduksi remaja.

Hebatnya, Juan saat ini telah bertugas di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur. Sasaran Utama dari program Ini adalah remaja dan keluarga yang mempunyai remaja khususnya didaerah tapal kuda jawa timur dan madura yang tinggi angka stunting dan pernikahan anak karena tuntutan budaya. Ia melakukan pendampingan kepada remaja Risti (Risiko Tinggi) untuk menghindari TRIAD KRR serta juga menjadi perpanjangan tangan BKKBN Jawa Timur untuk membantu menciptakan keluarga berkualitas serta penduduk yang kuantintasnya seimbang. Tak hanya itu, ia juga berfokus untuk menjunjung tinggi mental health remaja. 

Kontribusi Juan ini merupakan suatu bentuk nyata bahwa civitas akademika FF UNAIR turut berperan besar dalam mewujudkan SDGs 3 "Good Health and Well-being".

Juan saat Terpilih Menjadi Duta GenRe Jawa Timur 2023