info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Jalankan Program Pengmas di Batam untuk Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Terkait Obat Tradisional dan Modern

FF UNAIR Jalankan Program Pengmas di Batam untuk Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Terkait Obat Tradisional dan Modern

Pada tanggal 17 hingga 19 September 2024 kemarin, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) di Kepulauan Riau. Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari SDGs 3 "Good Health and Well-being".

Selama 3 hari, FF UNAIR bersama dengan tim Airlangga Community Development Hub (ACHD) 2024 menyelenggarakan kegiatan pengmas ini di Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau. Tim pengmas FF UNAIR sendiri pada kegiatan ini berfokus pada peningkatan pengetahuan serta kesadaran masyarakat terhadap obat tradisional dan obat modern untuk swamedikasi.

Pemahaman yang benar atas obat akan menjamin efektivitas obat sehingga kesembuhan atau perbaikan kesehatan yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal.

Puluhan peserta yang merupakan warga kecamatan setempat, mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias. Mereka mengikuti kegiatan ini hingga usai dan aktif mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Bahkan mereka berharap FF UNAIR dapat terus menyelenggarakan kegiatan serupa dengan frekuensi yang lebih tinggi demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. 

Tim pengmas FF UNAIR juga membagikan brosur terkait materi-materi yang telah disampaikan. Harapannya, warga dapat terus mengingat materi penting yang telah disampaikan saat itu. Bahkan mereka dapat membagikan ilmu tersebut kepada warga lain yang berhalangan hadir pada kegiatan pengmas ini. Dengan begitu, cakupan ilmu yang dibagikan oleh tim pengmas FF UNAIR akan semakin luas.