info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

AIPHE SUMMER SCHOOL PARTICIPANTS SEE TRADITIONAL MEDICINE COMMUNITIES AROUND MOUNT BROMO

The 3rd International Summer School, Association of Indonesian Pharmacy Higher Education (AIPHE) Year of 2022 has entered its tenth day (27/08/2022). Carrying the theme "The Soul of Jamu and Bromo Cultural Remedies", international students and Summer School participants held the agenda of Field Visits and Interviews Ethnophrmaceuticals in Bromo and Community Development.

After doing Community Service in the area of ​​Ngadisari Village, they conducted interviews with local people in Ngadisari Village about traditional plants and traditional medicine used by local people there. International students were divided into several groups, accompanied by the student committee of Universitas Airlangga Pharmacy.

Pada kegiatan ini, setiap kelompok yang terdiri dari 4 orang dengan 1 pendamping melakukan wawancara terhadap masyarakat disana dengan berbagai pertanyaan yang berhasil memberikan mereka pengetahuan baru tentang pengobatan tradisional disana. Mahasiswa internasional yang terlibat cukup aktif dalam bertanya dan masyarakat disana cukup aktif dalam menjawab pertanyaan mereka. Dalam sesi ini juga secara kebetulan masyarakat Desa Ngadisari menunjukkan tanaman/buah yang biasa mereka gunakan untuk pengobatan tradisional sehingga mahasiswa internasional tidak hanya tahu dalam penjelasan tapi juga tahu dalam bentuk fisiknya.

Pada akhir sesi wawancara, dengan besar hati masyarakat disana memberikan semua buah (terong belanda) yang baru saja mereka panen kepada mahasiswa internasional dan memberikan praktik secara langsung bagaimana cara mengonsumsinya. Pada sesi ini cukup berkesan bagi mereka dan ditutup dengan ucapan terima kasih cukup besar dari mahasiswa internasional kepada masyarakat Desa Ngadisari.