Mulai dari Menanam Toga hingga Belajar Sejarah, Peserta Summer School AIPHE Diajak Berkeliling Surabaya

Setelah pada hari sebelumnya berkunjung ke Universitas dan Rumah Sakit, pada hari Selasa (30/08/2022) The 3rd International Summer School, Association of Indonesian Pharmacy Higher Education (AIPHE) Year of 2022 melakukan kunjungan ke beberapa tempat untuk memperkenalkan obat-obatan tradisional Indonesia.

Kunjungan dimulai di Mini Agrowisata yang terletak di Jl. Raya Wisma Pagesangan No.203. Disini mahasiswa internasional dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan tiap kelompok diberi tugas untuk menyebutkan 10 tanaman obat meliputi nama daerah, nama ilmiah, dan fungsi dari tiap tanaman obat tersebut. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa internasional mengenal berbagai tanaman obat yang berpotensi sebagai obat-obatan tradisional.

Setelah mengunjungi Mini Agrowisata, mahasiswa internasional diajak mengunjungi salah satu pasar tradisional yang menjual simplisia/bahan baku obat. Masih dalam grup yang sama, mahasiswa internasional diberi tugas menyebutkan 10 simplisia yang ada di sana meliputi nama lokal, bagian tanaman yang digunakan untuk simplisia, dan fungsi dari masing-masing simplisia tersebut.

Setelah berkeliling di Mini Agrowisata dan pasar tradisional, mahasiswa internasional selanjutnya menuju Café Griya Jamu yang terdapat di Jl. Raya Gubeng No.68 AB. Sebelum memulai aktivitasnya, mahasiswa internasional terlebih dahulu beristirahat dan makan siang di Café Griya Jamu. Di sana terdapat berbagai macam olahan bahan herbal tradisonal yang dikemas secara modern sehingga hal ini menjadi menarik untuk dipelajari. Setelah istirahat, mahasiswa internasional diberi tugas untuk menyebutkan satu formula jamu bersama anggota grup yang sudah terbentuk meliputi nama jamu, nama bahan (lokal dan ilmiah), bagian tanaman yang digunakan dalam formula, jumlah bahan dalam formula, dan fungsi atau keuntungan saat mengonsumsi jamu tersebut.

Setelah mengunjungi Café Griya Jamu, kegiatan hari ini diakhiri di Museum Tugu Pahlawan. Di sana mehasiswa internasional dapat melihat bukti sejarah perjuangan bangsa indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Selain mengunjungi museum, mahasiswa internasional dapat menikmati suasana sore di Surabaya dan beristirahat setelah satu hari penuh belajar dan mengunjungi berbagai tempat.


Agenda
Unduhan