SEMINAR NASIONAL

Inovasi Teknologi
dan Digitalisasi pada
Pelayanan Kefarmasian

Tentang Kegiatan

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dengan pelaksana dari Kelompok Riset INACORE (Innovative Pharmacy Practice and Integrated Outcome Research) dalam rangka Dies Natalis ke-66 UNAIR dan Dies Natalis ke-57 Fakultas Farmasi Unair

Via


Waktu

Sabtu, 26 September 2020
08.00 – 15.30 WIB

Topik makalah:

  1. Telefarmasi
  2. Teknologi informasi dan komunikasi pada layanan farmasi
  3. Sistem dan digitalisasi layanan
  4. Teknologi jarak jauh dan proses bisnis
  5. Big data, artificial intelligence dan sistem elektronik farmasi
  6. Inovasi dan riset lainnya di sektor pelayanan farmasi

Biaya:

  • Pemakalah Rp. 200.000 (untuk presentasi makalah 1) dan Rp. 150.000 (untuk presentasi makalah selanjutnya)
  • Non Pemakalah /peserta seminar GRATIS

Total Hadiah:

Rp 4.000.000,00

Nara Sumber

Speaker 1

Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, MS.

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga

Speaker 2

Dr. apt. Dita Novianti, MM.,

Direktur Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI

Speaker 3

Andi Saptono, MSc., PhD

Assistant Professor di School of Health and Rehabilitation Sciences University of Pittsburgh
Amerika Serikat

Speaker 4

Dr. apt. Dian Nurmawati, M. Farm.

Business Manager Kimia Farma Apotek di Jawa Timur

Speaker 5

apt. Ari Kurnianingsih, M. Farm. Klin.

Kepala Instalasi Farmasi RSUD Blambangan
Tim Koordinasi Inovasi Pelayanan Publik Banyuwangi

Jadwal

Berikut adalah tahapan-tahapan batas waktu dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pastikan mengikuti jadwal sebelum batas waktunya berakhir.

Batas Akhir Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran (baik pemakalah atau non pemakalah) silahkan isi form disini.

Batas Akhir Penerimaan Abstrak

Tahapan ini ditutup ketika sudah mencapai 100 orang

Pengumuman Abstrak diterima

Dikirim ke email yang terdaftar dan atau cek website

Batas Akhir Pembayaran

Konfirmasi pembayaran dapat mengisi form ini.

Pengumuman setting ruangan dan waktu pemakalah

Pelaksanaan Seminar

Pengiriman Full Paper ke JFIKI

Urutan Nara Sumber dan topik yang dibawakan

Pembukaan dan aturan main

MC: Anila Impian Sukorini. Moderator: Andi Hermansyah

Umi Athiyah

Keynote Speech: Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, MS.

Kesiapan apoteker dalam menghadapi perubahan di era digital.


Diskusi. Moderator: Andi Hermansyah.

Dita N.

Narasumber 1: Dr. apt. Dita Novianti, MM.

Kebijakan digitalisasi dan elektronik farmasi pada pelayanan kefarmasian.


Andi S.

Narasumber 2: Andi Saptono, MSc., PhD.

Kebijakan digitalisasi dan elektronik farmasi pada pelayanan kefarmasian.


Diskusi. Moderator: Andi Hermansyah.

Dian N.

Narasumber 3: Dr. apt. Dian Nurmawati, M. Farm.

Inovasi pelayanan kefarmasian berbasis teknologi informasi komunikasi dan sistem digital di jejaring Apotek.


Ari K.

Narasumber 4: apt. Ari Kurnianingsih, M. Farm. Klin.

Pemanfaatan teknologi digital dan media komunikasi dalam membantu pelayanan oleh Apoteker di Rumah Sakit.


Diskusi. Moderator: Andi Hermansyah.

WrapUp. Kuis dan penutup

MC: Anila Impian Sukorini.

Jadwal Pelaksanaan Presentasi Virtual Poster

Persiapan dan aturan main

MC: Gesnita Nugraheni

Host Zoom 1: Ana Yuda
Host Zoom 2: Catur Dian Setiawan
Host Zoom 3: Mufarrihah

Presentasi Poster

Topik room 1: Inovasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan kefarmasian
Moderator: Gusti Noorizka


Topik room 2: Inovasi digitalisasi dan sistem elektronik dalam pelayanan kefarmasian
Moderator: I Nyoman Wijaya


Topik room 3: Inovasi dasar dan terapan dalam pelayanan kefarmasian
Moderator: Arie Sulistyarini

Pengumuman pemenang dan penutup

MC: Gesnita Nugraheni

Abstrak & Poster

Ketentuan pengiriman abstrak.

  1. Peserta yang telah mengirimkan abstrak berarti menyetujui dan berkomitmen penuh untuk berpartisipasi dalam kegiatan Temu Ilmiah (Call for Paper)
  2. Abstrak mengikuti format dan template yang telah ditetapkan panitia. Template abstrak dapat diunduh disini
  3. File abstrak diunggah bersama dengan form pendaftaran peserta. Unggah file abstrak dilakukan di link https://bit.ly/semnasfarmasi2020
  4. Abstrak yang telah dikirimkan kepada panitia tidak dapat direvisi, ditarik kembali, dibatalkan atau diganti kecuali dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada panitia melalui email ke farkom@ff.unair.ac.id
  5. Pemakalah harus menyelesaikan pembayaran terlebih dahulu untuk dapat melakukan presentasi dan/atau publikasi
  6. Panitia memiliki hak untuk menolak abstrak yang telah dikirimkan bila dianggap tidak memenuhi persyaratan administratif, tidak memenuhi kualitas makalah atau tidak relevan dengan topik Temu Ilmiah (Call for Paper).
  7. Pemakalah yang abstraknya ditolak atau mengundurkan diri dapat mengajukan proses pengembalian atau refund. Biaya pendaftaran akan dikembalikan setelah dipotong biaya transfer terlebih dahulu.

Sekilas tentang Presentasi Poster secara virtual. Presentasi poster secara virtual dapat dilakukan dalam format:

Slide by slide presentation. Dalam format ini, pemakalah dapat menyajikan hasil penelitiannya dalam bentuk slide power point. Pastikan jumlah slide mencukupi dan/atau tidak melebihi untuk waktu presentasi selama 5 menit

Poster. Pemakalah dapat menampilkan hasil penelitiannya dalam format satu halaman poster sebagaimana lazimnya poster konvensional. Pastikan bahwa dimensi/ukuran poster dapat dilihat dengan baik oleh peserta lainnya di layar komputer. Kami tidak menyarankan ukuran poster yang terlalu besar karena akan menjadikan poster terlalu kecil ketika dibaca di layar komputer.

Syarat dan ketentuan presentasi poster

  1. Pemakalah dapat mengunggah poster bersamaan dengan mengunggah abstrak (tanpa harus menunggu pengumuman abstrak diterima atau tidak)
  2. Meskipun demikian, hanya pemakalah yang abstraknya diterima yang dapat melakukan presentasi poster. Pengumuman abstrak diterima pada tanggal 23 September 2020
  3. Hanya pemakalah yang abstraknya diterima yang dapat melakukan presentasi poster. Pengumuman abstrak diterima pada tanggal 23 September 2020
  4. Pemakalah memilih salah satu dari dua pilihan format presentasi poster
  5. Pemakalah mengubah format poster ke dalam bentuk pdf
  6. File poster dalam bentuk pdf lalu diunggah kesini
  7. File poster yang telah diunggah tidak dapat ditarik kembali, dilakukan revisi atau dihapuskan ketika sudah dikirimkan ke panitia. Oleh karena itu, pemakalah harus memeriksa ulang file poster yang akan diunggah.
  8. Sesi presentasi dan tanya jawab poster akan dilakukan pada tanggal 26 September 2020 sesuai dengan jadwal dan setting yang ditetapkan bagi masing-masing pemakalah.
  9. Setting untuk masing-masing pemakalah berdasarkan pada pembagian topik abstrak meliputi (1) Inovasi teknologi informasi dan komunikasi, (2) Inovasi digitalisasi dan sistem elektronik dan (3) Inovasi dan riset lainnya.
  10. Sesi presentasi akan menggunakan 3 (tiga) akun ZOOM. Tiap akun ZOOM akan terdiri atas beberapa ruang "presentasi" (dalam format breakout room) sesuai dengan topik spesifik makalah. Pemakalah akan masuk dan melakukan presentasi di ruang "presentasi" tersebut.
  11. Tiap ruang "presentasi" akan berisi paling banyak 10 orang pemakalah.
  12. Pemakalah memiliki waktu paling lama 5 menit untuk presentasi dan dilanjutkan dengan 3 menit tanya jawab. Total alokasi waktu 8 menit tiap peserta
  13. Pemakalah wajib mematuhi dan memanfaatkan alokasi waktu tersebut dengan baik. Pemakalah akan mendapatkan peringatan waktu dari moderator dan akan dihentikan secara sepihak oleh moderator bila alokasi waktu melebihi 10 menit.
  14. Pemakalah menggunakan fasilitas "screen sharing" untuk menampilkan poster yang akan dipresentasikan. Apabila terjadi problem dalam membuka atau menampilkan file poster maka moderator akan menampilkan file poster yang telah dikirimkan kepada panitia. Oleh karena itu, pemakalah perlu mempersiapkan file poster yang akan dibuka sebelum melakukan presentasi.
  15. Pemakalah dapat mengundang sampai 3 (tiga) orang "tamu" lainnya untuk melihat sesi presentasi pemakalah dan terlibat dalam diskusi di forum yang sama dengan pemakalah. "Tamu" dalam ketentuan ini adalah pihak yang berkontribusi dalam penelitian pemakalah atau pihak lain yang dianggap penting oleh pemakalah terkait dengan penyusunan dan publikasi hasil penelitian.
  16. Pemakalah perlu mengisi form undangan untuk dapat menggunakan fasilitas mengundang "tamu" di bit.ly/postersemnas2020
  17. Pemakalah dapat membagikan link zoom untuk presentasi beserta informasi tentang poster pemakalah kepada pihak "tamu" yang diundang.
  18. Mohon diperhatikan bahwa baik pemakalah dan peserta non-pemakalah, termasuk "tamu undangan", untuk menggunakan nama lengkap sesuai pendaftaran saat online atau "hadir" di sesi presentasi zoom. Panitia hanya akan memasukkan "tamu" sesuai dengan nama yang terdaftar di form undangan. Penggunaan nama lain atau inisial akan ditolak bergabung pada sesi presentasi.
  19. Pemakalah dan peserta non-pemakalah berkesempatan untuk pindah dan mengikuti presentasi di ruang "presentasi" lainnya paling banyak 2 (dua) kali selama berlangsungnya sesi presentasi. Untuk itu, peserta dapat menggunakan fasilitas "ask for help" atau menggunakan opsi "leave breakout room" untuk berhubungan dengan host/pengatur acara.
  20. Pemakalah maupun peserta non-pemakalah yang "terlempar" atau tiba-tiba "keluar" dari platform ZOOM karena problem teknis (misal sinyal hilang, mati lampu, baterai habis dsb) dan bukan karena diberhentikan secara sepihak oleh moderator dapat mencoba masuk kembali ke acara menggunakan link yang telah dikirimkan ke masing-masing peserta.
  21. Panitia memiliki hak untuk mengambil foto dan melakukan perekaman selama sesi presentasi untuk keperluan pendidikan, pemberitaan dan promosi kegiatan

Publikasi

Artikel akan dipublikasikan pada Edisi Khusus Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia (SINTA 3). Pemakalah yang abstraknya terpilih untuk presentasi disarankan untuk mengirimkan full paper untuk proses publikasi di edisi khusus (special edition) temu Ilmiah.

Untuk itu pemakalah disarankan membaca panduan untuk penulis (author guidelines) yang ada di laman JFIKI. Untuk memudahkan proses penyuntingan/review, pemakalah/author wajib menuliskan di bagian ucapan terima kasih atau acknowledgment dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris bahwa "Artikel ini telah dipaparkan pada kegiatan seminar nasional dan temu ilmiah di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga tanggal 26 September 2020".

Selain itu pemakalah disarankan untuk menginformasikan kepada panitia terkait proses pengiriman/submission di JFIKI dengan cara mengirimkan bukti submit JFIKI ke alamat email farkom@ff.unair.ac.id. Berikan judul email "Submission artikel ke JFIKI_nama pemakalah". . Proses review sepenuhnya dilakukan oleh tim reviewer JFIKI dengan tetap berkoordinasi dengan panitia. Tidak ada biaya untuk publikasi di JFIKI.

JFKI

Pelaksana Kegiatan

PANITIA

PEMBINA:

  • Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga
    (Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, MS.,)
  • Ketua Departemen Farmasi Komunitas
    (Dr. apt. Wahyu Utami, MS.)

Ketua Pelaksana : apt. Andi Hermansyah, M.Sc., PhD.
Sekretariat : apt. Gesnita Nugraheni, M.Sc. dan tim
Bendahara : apt. Ana Yuda, M.Farm.
Saintifik : apt. Arie Sulistyarini, M.Pharm. dan apt. Mufarrihah, M.Sc.
Perlengkapan dan IT : apt. Catur Dian Setiawan, M.Kes. dan tim
Acara : apt. Anila Impian Sukorini, M.Farm.

F.A.Q.

Serba-serbi pertanyaan