Tentang Kegiatan
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dengan pelaksana dari Kelompok Riset INACORE (Innovative Pharmacy Practice and Integrated Outcome Research) dalam rangka Dies Natalis ke-66 UNAIR dan Dies Natalis ke-57 Fakultas Farmasi Unair
Waktu
Sabtu, 26 September 2020
08.00 – 15.30 WIB
Topik makalah:
- Telefarmasi
- Teknologi informasi dan komunikasi pada layanan farmasi
- Sistem dan digitalisasi layanan
- Teknologi jarak jauh dan proses bisnis
- Big data, artificial intelligence dan sistem elektronik farmasi
- Inovasi dan riset lainnya di sektor pelayanan farmasi
Biaya:
- Pemakalah Rp. 200.000 (untuk presentasi makalah 1) dan Rp. 150.000 (untuk presentasi makalah selanjutnya)
- Non Pemakalah /peserta seminar GRATIS
Total Hadiah:
Rp 4.000.000,00
Nara Sumber
Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, MS.
Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga
Dr. apt. Dita Novianti, MM.,
Direktur Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI
Andi Saptono, MSc., PhD
Assistant Professor di School of Health and Rehabilitation Sciences University of Pittsburgh
Amerika Serikat
Dr. apt. Dian Nurmawati, M. Farm.
Business Manager Kimia Farma Apotek di Jawa Timur
apt. Ari Kurnianingsih, M. Farm. Klin.
Kepala Instalasi Farmasi RSUD Blambangan
Tim Koordinasi Inovasi Pelayanan Publik Banyuwangi
Jadwal
Berikut adalah tahapan-tahapan batas waktu dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pastikan mengikuti jadwal sebelum batas waktunya berakhir.
Batas Akhir Pendaftaran
Untuk melakukan pendaftaran (baik pemakalah atau non pemakalah) silahkan isi form disini.
Batas Akhir Penerimaan Abstrak
Tahapan ini ditutup ketika sudah mencapai 100 orang
Pengumuman Abstrak diterima
Dikirim ke email yang terdaftar dan atau cek website
Batas Akhir Pembayaran
Konfirmasi pembayaran dapat mengisi form ini.
Pengumuman setting ruangan dan waktu pemakalah
Pelaksanaan Seminar
Pengiriman Full Paper ke JFIKI
Urutan Nara Sumber dan topik yang dibawakan
Pembukaan dan aturan main
MC: Anila Impian Sukorini. Moderator: Andi Hermansyah
Keynote Speech: Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, MS.
Kesiapan apoteker dalam menghadapi perubahan di era digital.
Diskusi. Moderator: Andi Hermansyah.
Narasumber 1: Dr. apt. Dita Novianti, MM.
Kebijakan digitalisasi dan elektronik farmasi pada pelayanan kefarmasian.
Narasumber 2: Andi Saptono, MSc., PhD.
Kebijakan digitalisasi dan elektronik farmasi pada pelayanan kefarmasian.
Diskusi. Moderator: Andi Hermansyah.
Narasumber 3: Dr. apt. Dian Nurmawati, M. Farm.
Inovasi pelayanan kefarmasian berbasis teknologi informasi komunikasi dan sistem digital di jejaring Apotek.
Narasumber 4: apt. Ari Kurnianingsih, M. Farm. Klin.
Pemanfaatan teknologi digital dan media komunikasi dalam membantu pelayanan oleh Apoteker di Rumah Sakit.
Diskusi. Moderator: Andi Hermansyah.
WrapUp. Kuis dan penutup
MC: Anila Impian Sukorini.
Jadwal Pelaksanaan Presentasi Virtual Poster
Persiapan dan aturan main
MC: Gesnita Nugraheni
Host Zoom 1: Ana Yuda
Host Zoom 2: Catur Dian Setiawan
Host Zoom 3: Mufarrihah
Presentasi Poster
Topik room 1: Inovasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan kefarmasian
Moderator: Gusti Noorizka
Topik room 2: Inovasi digitalisasi dan sistem elektronik dalam pelayanan kefarmasian
Moderator: I Nyoman Wijaya
Topik room 3: Inovasi dasar dan terapan dalam pelayanan kefarmasian
Moderator: Arie Sulistyarini
Pengumuman pemenang dan penutup
MC: Gesnita Nugraheni
Abstrak & Poster
Ketentuan pengiriman abstrak.
- Peserta yang telah mengirimkan abstrak berarti menyetujui dan berkomitmen penuh untuk berpartisipasi dalam kegiatan Temu Ilmiah (Call for Paper)
- Abstrak mengikuti format dan template yang telah ditetapkan panitia. Template abstrak dapat diunduh disini
- File abstrak diunggah bersama dengan form pendaftaran peserta. Unggah file abstrak dilakukan di link https://bit.ly/semnasfarmasi2020
- Abstrak yang telah dikirimkan kepada panitia tidak dapat direvisi, ditarik kembali, dibatalkan atau diganti kecuali dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada panitia melalui email ke farkom@ff.unair.ac.id
- Pemakalah harus menyelesaikan pembayaran terlebih dahulu untuk dapat melakukan presentasi dan/atau publikasi
- Panitia memiliki hak untuk menolak abstrak yang telah dikirimkan bila dianggap tidak memenuhi persyaratan administratif, tidak memenuhi kualitas makalah atau tidak relevan dengan topik Temu Ilmiah (Call for Paper).
- Pemakalah yang abstraknya ditolak atau mengundurkan diri dapat mengajukan proses pengembalian atau refund. Biaya pendaftaran akan dikembalikan setelah dipotong biaya transfer terlebih dahulu.
Sekilas tentang Presentasi Poster secara virtual. Presentasi poster secara virtual dapat dilakukan dalam format:
Slide by slide presentation. Dalam format ini, pemakalah dapat menyajikan hasil penelitiannya dalam bentuk slide power point. Pastikan jumlah slide mencukupi dan/atau tidak melebihi untuk waktu presentasi selama 5 menit
Poster. Pemakalah dapat menampilkan hasil penelitiannya dalam format satu halaman poster sebagaimana lazimnya poster konvensional. Pastikan bahwa dimensi/ukuran poster dapat dilihat dengan baik oleh peserta lainnya di layar komputer. Kami tidak menyarankan ukuran poster yang terlalu besar karena akan menjadikan poster terlalu kecil ketika dibaca di layar komputer.
Syarat dan ketentuan presentasi poster
- Pemakalah dapat mengunggah poster bersamaan dengan mengunggah abstrak (tanpa harus menunggu pengumuman abstrak diterima atau tidak)
- Meskipun demikian, hanya pemakalah yang abstraknya diterima yang dapat melakukan presentasi poster. Pengumuman abstrak diterima pada tanggal 23 September 2020
- Hanya pemakalah yang abstraknya diterima yang dapat melakukan presentasi poster. Pengumuman abstrak diterima pada tanggal 23 September 2020
- Pemakalah memilih salah satu dari dua pilihan format presentasi poster
- Pemakalah mengubah format poster ke dalam bentuk pdf
- File poster dalam bentuk pdf lalu diunggah kesini
- File poster yang telah diunggah tidak dapat ditarik kembali, dilakukan revisi atau dihapuskan ketika sudah dikirimkan ke panitia. Oleh karena itu, pemakalah harus memeriksa ulang file poster yang akan diunggah.
- Sesi presentasi dan tanya jawab poster akan dilakukan pada tanggal 26 September 2020 sesuai dengan jadwal dan setting yang ditetapkan bagi masing-masing pemakalah.
- Setting untuk masing-masing pemakalah berdasarkan pada pembagian topik abstrak meliputi (1) Inovasi teknologi informasi dan komunikasi, (2) Inovasi digitalisasi dan sistem elektronik dan (3) Inovasi dan riset lainnya.
- Sesi presentasi akan menggunakan 3 (tiga) akun ZOOM. Tiap akun ZOOM akan terdiri atas beberapa ruang "presentasi" (dalam format breakout room) sesuai dengan topik spesifik makalah. Pemakalah akan masuk dan melakukan presentasi di ruang "presentasi" tersebut.
- Tiap ruang "presentasi" akan berisi paling banyak 10 orang pemakalah.
- Pemakalah memiliki waktu paling lama 5 menit untuk presentasi dan dilanjutkan dengan 3 menit tanya jawab. Total alokasi waktu 8 menit tiap peserta
- Pemakalah wajib mematuhi dan memanfaatkan alokasi waktu tersebut dengan baik. Pemakalah akan mendapatkan peringatan waktu dari moderator dan akan dihentikan secara sepihak oleh moderator bila alokasi waktu melebihi 10 menit.
- Pemakalah menggunakan fasilitas "screen sharing" untuk menampilkan poster yang akan dipresentasikan. Apabila terjadi problem dalam membuka atau menampilkan file poster maka moderator akan menampilkan file poster yang telah dikirimkan kepada panitia. Oleh karena itu, pemakalah perlu mempersiapkan file poster yang akan dibuka sebelum melakukan presentasi.
- Pemakalah dapat mengundang sampai 3 (tiga) orang "tamu" lainnya untuk melihat sesi presentasi pemakalah dan terlibat dalam diskusi di forum yang sama dengan pemakalah. "Tamu" dalam ketentuan ini adalah pihak yang berkontribusi dalam penelitian pemakalah atau pihak lain yang dianggap penting oleh pemakalah terkait dengan penyusunan dan publikasi hasil penelitian.
- Pemakalah perlu mengisi form undangan untuk dapat menggunakan fasilitas mengundang "tamu" di bit.ly/postersemnas2020
- Pemakalah dapat membagikan link zoom untuk presentasi beserta informasi tentang poster pemakalah kepada pihak "tamu" yang diundang.
- Mohon diperhatikan bahwa baik pemakalah dan peserta non-pemakalah, termasuk "tamu undangan", untuk menggunakan nama lengkap sesuai pendaftaran saat online atau "hadir" di sesi presentasi zoom. Panitia hanya akan memasukkan "tamu" sesuai dengan nama yang terdaftar di form undangan. Penggunaan nama lain atau inisial akan ditolak bergabung pada sesi presentasi.
- Pemakalah dan peserta non-pemakalah berkesempatan untuk pindah dan mengikuti presentasi di ruang "presentasi" lainnya paling banyak 2 (dua) kali selama berlangsungnya sesi presentasi. Untuk itu, peserta dapat menggunakan fasilitas "ask for help" atau menggunakan opsi "leave breakout room" untuk berhubungan dengan host/pengatur acara.
- Pemakalah maupun peserta non-pemakalah yang "terlempar" atau tiba-tiba "keluar" dari platform ZOOM karena problem teknis (misal sinyal hilang, mati lampu, baterai habis dsb) dan bukan karena diberhentikan secara sepihak oleh moderator dapat mencoba masuk kembali ke acara menggunakan link yang telah dikirimkan ke masing-masing peserta.
- Panitia memiliki hak untuk mengambil foto dan melakukan perekaman selama sesi presentasi untuk keperluan pendidikan, pemberitaan dan promosi kegiatan
Publikasi
Artikel akan dipublikasikan pada Edisi Khusus Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia (SINTA 3). Pemakalah yang abstraknya terpilih untuk presentasi disarankan untuk mengirimkan full paper untuk proses publikasi di edisi khusus (special edition) temu Ilmiah.
Untuk itu pemakalah disarankan membaca panduan untuk penulis (author guidelines) yang ada di laman JFIKI. Untuk memudahkan proses penyuntingan/review, pemakalah/author wajib menuliskan di bagian ucapan terima kasih atau acknowledgment dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris bahwa "Artikel ini telah dipaparkan pada kegiatan seminar nasional dan temu ilmiah di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga tanggal 26 September 2020".
Selain itu pemakalah disarankan untuk menginformasikan kepada panitia terkait proses pengiriman/submission di JFIKI dengan cara mengirimkan bukti submit JFIKI ke alamat email farkom@ff.unair.ac.id. Berikan judul email "Submission artikel ke JFIKI_nama pemakalah". . Proses review sepenuhnya dilakukan oleh tim reviewer JFIKI dengan tetap berkoordinasi dengan panitia. Tidak ada biaya untuk publikasi di JFIKI.
Pelaksana Kegiatan
PEMBINA:
- Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga
(Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, MS.,) - Ketua Departemen Farmasi Komunitas
(Dr. apt. Wahyu Utami, MS.)
Ketua Pelaksana : apt. Andi Hermansyah, M.Sc., PhD.
Sekretariat : apt. Gesnita Nugraheni, M.Sc. dan tim
Bendahara : apt. Ana Yuda, M.Farm.
Saintifik : apt. Arie Sulistyarini, M.Pharm. dan apt. Mufarrihah, M.Sc.
Perlengkapan dan IT : apt. Catur Dian Setiawan, M.Kes. dan tim
Acara : apt. Anila Impian Sukorini, M.Farm.
F.A.Q.
Serba-serbi pertanyaan
-
Berapa ukuran ideal untuk poster? Apakah ada panduannya?
Tidak ada ketentuan terkait ukuran atau dimensi poster. Namun perlu diperhatikan bahwa poster harus dapat dibaca dengan baik ketika ditampilkan di layar komputer. Selain itu bagi pemakalah dengan format slide by slide presentation harus memperhatikan batasan waktu presentasi 5 menit. Untuk itu sangat disarankan slide tidak lebih dari 7 slides power point – termasuk judul dan ucapan terima kasih.
-
Bolehkah saya menampilkan file video atau audio ketika presentasi?
Boleh. Setiap pemakalah boleh menampilkan file video atau audio untuk mendukung presentasinya. Namun harus diingat bahwa alokasi waktu untuk tiap pemakalah adalah 8 (delapan) menit termasuk tanya jawab
-
Bolehkah saya mengunggah file video atau audio bersama dengan file poster?
Tidak boleh. Pemakalah tidak diperkenankan mengunggah file apapun selain file poster dalam format pdf.
-
Apakah saya dapat menambahkan, mengganti atau mengubah file poster yang telah saya unggah dengan file lainnya ketika melakukan presentasi?
Tidak. File poster yang telah diunggah adalah file yang akan ditampilkan saat presentasi.
-
Apakah file abstrak dapat diunggah bersamaan dengan file poster? Ataukah harus menunggu abstrak diterima terlebih dahulu baru mengunggah file poster?
File abstrak dan file poster dapat diunggah bersamaan tanpa harus menunggu pengumuman abstrak yang diterima. Meskipun demikian, hanya pemakalah yang abstraknya diterima yang diperkenankan untuk melakukan presentasi poster.
-
Apakah saya dapat menjadi pemakalah dan mengirimkan abstrak meskipun topik penelitian saya bukan tentang Inovasi teknologi dan digitalisasi di sektor pelayanan farmasi?
Anda tetap diperkenankan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini meskipun topik penelitian anda tidak linier dengan tema seminar nasional. Pada poin 6 topik pemakalah, panitia memberikan kesempatan untuk presentasi penelitian terkait "Inovasi dan riset lainnya di sektor pelayanan farmasi" termasuk riset dasar dan terapan terkait pelayanan kefarmasian.
-
Apakah saya dapat berpartisipasi dalam seminar meskipun data yang saya tampilkan bersifat data pendahuluan (preliminary data) atau data sensitif untuk ditampilkan di publik?
Peneliti dapat mengikuti acara ini meskipun data yang dimiliki masih bersifat data pendahuluan atau data sensitive untuk publik. Oleh karena itu peneliti perlu mempertimbangkan bentuk dan penyajian terbaik untuk data tersebut kepada publik
-
Apakah saya dapat melakukan presentasi meskipun saya tidak atau belum mengunggah file poster di laman acara?
Tidak. Hanya pemakalah yang telah mengunggah file poster yang dapat melakukan presentasi.
-
Apakah saya dapat mengirimkan publikasi di JFIKI meskipun saya tidak melakukan presentasi?
Bilamana terjadi kendala teknis atau kondisi kahar (force majeure), pemakalah terpilih diperbolehkan tidak mengikuti sesi presentasi dan berkesempatan mengirimkan full paper untuk publikasi di JFIKI. Untuk keperluan ini, pemakalah harus menghubungi panitia untuk konfirmasi dan persetujuan lebih lanjut. Perlu diperhatikan keputusan yang diambil bersifat kasuistik dan tidak dapat disamaratakan.
-
Apakah peserta non-pemakalah termasuk "tamu" dapat menampilkan atau mempresentasikan data atau informasi yang mendukung penelitian pemakalah?
Tidak. Hanya pemakalah yang boleh melakukan presentasi poster.
-
Apakah saya dapat menampilkan data penelitian yang belum selesai (misal penelitian sedang berlangsung, data masih setengah diolah, kesulitan akses data karena kampus ditutup akibat pandemi dsb)?
Pemakalah dapat menampilkan data dan informasi tersebut asalkan relevan dengan topik penelitian.
-
Bagaimana mekanisme publikasi di JFIKI?
Pemakalah yang abstraknya terpilih untuk presentasi disarankan untuk mengirimkan full paper untuk proses publikasi di edisi khusus (special edition) temu Ilmiah. Untuk itu pemakalah disarankan membaca panduan untuk penulis (author guidelines) yang ada di laman JFIKI. Untuk memudahkan proses penyuntingan/review, pemakalah/author wajib menuliskan di bagian ucapan terima kasih atau acknowledgment dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris bahwa "Artikel ini telah dipaparkan pada kegiatan seminar nasional dan temu ilmiah di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga tanggal...". Selain itu pemakalah disarankan untuk menginformasikan kepada panitia terkait proses pengiriman/submission di JFIKI. Dengan cara mengirimkan bukti submit JFIKI ke alamat email farkom@ff.unair.ac.id. Berikan judul email "Submission artikel ke JFIKI_nama pemakalah..." Proses review sepenuhnya dilakukan oleh tim reviewer JFIKI dengan tetap berkoordinasi dengan panitia. Tidak ada biaya untuk publikasi di JFIKI.
-
Jika saya memiliki pertanyaan dan permasalahan, siapa yang harus saya hubungi?
Silahkan menghubungi email farkom@ff.unair.ac.id