Fakultas Farmasi UNAIR Mengedukasi Kader Pemuda Dan Masyarakat Di Kecamatan Kenjeran

Dalam rangkaian acara Dies Natalis Unair yang ke 63 dan Dies Fakultas Farmasi Unair ke-54, Fakultas Farmasi Unair telah melaksakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) pada hari Sabtu, 11 November 2017. Pengmas kali ini  mengangkat tema " Peran Apoteker Dalam Menjamin Keamanan   Obat dan Obat Tradisional di Masyarakat" di Kecamatan Kenjeran Jl. Kedung Cowek No. 350 Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh dosen FFUA dengan partisipasi dari mahasiswa S1 dan S2.

Rangkaian acara pengmas tersebut mulai dari pembukaan acara hingga penutup dipandu oleh Dra. Esti Hendradi, M.Si., PhD., Apt. Adapun sambutan perwakilan dari pihak kecamatan Pak Sukanan (SekCam) dan juga Fakultas Farmasi, Dewi Melani Hariyadi, S.Si., M.Phil., Ph.D., Apt. (Wakil Dekan III), serta penyerahan cinderamata dari pihak Fakultas Farmasi ke pihak Kecamatan.

Dengan tema " Peran Apoteker Dalam Menjamin Keamanan   Obat dan Obat Tradisional di Masyarakat" ,kami mengangkat 2 Materi yakni (1) Peran Apoteker dalam Menjamin Keamanan Obat Tradisional untuk Pengobatan Asam Urat, disampaikan oleh Dr. Aty Widyawaruwiyanti, M.Si., Apt. dan (2) Peran Apoteker dalam Menjamin Keamanan Obat dan Bahaya Narkotika/Napza, disampaikan oleh Mahardian R., S.Farm., MSc., PhD., Apt.

Sesi tanya jawabAntusias masyarakat kenjeran dalam acara ini mencerminkan bahwa orang yang berhak menerima pengetahuan tidak harus dalam lingkungan akademisi namun dalam masyarakat juga sangat membutuhkankan.  Pengetahuan tentang apoteker, obat, serta obat tradisional asam urat maupun bahaya napza kami diberikan agar masyarakat lebih meningkat pengetahuannya dan waspada akan bahaya resiko yang akan dihadapi. Dimana saat ini penggunaan obat dan obat tradisional yang kian marak tidak terlepas dari resiko penggunaan yang salah (misuse) serta penyalahgunaan (abuse). Pengabdian Masyarakat ini juga merupakan bagian dari aktivitas tridharma perguruan tinggi dan peningkatan community services reputation.

 

      


Agenda
Unduhan